Connect with us

BERITA

Update Terkini dan Informasi Penting Jelang Pemilu 2024

Published

on

Jelang Pemilu 2024, menjadi sangat penting untuk tetap terinformasi tentang semua yang terjadi dan siap untuk membuat keputusan yang tepat untuk Indonesia. Dalam artikel ini, kami akan memberikan pembaruan terkini dan informasi penting tentang pemilihan presiden yang akan datang, sehingga pembaca akan tetap terinformasi tentang segala aspek penting yang berkaitan dengan pemilu.

Pembahasan kali ini:

  • Update terkini sangat penting untuk membuat keputusan yang tepat dalam Pemilu 2024
  • Penting untuk memperhatikan tanggal pemilu dan agenda penting yang terkait
  • Pemilih harus mengetahui calon presiden dan partai politik yang berpartisipasi
  • Peraturan dan aturan pemilu perlu dipahami oleh semua orang
  • Partisipasi masyarakat dan pendidikan pemilih sangat penting bagi proses pemilu yang sehat
  • Isu dan agenda dalam pemilu 2024 harus diperhatikan oleh semua orang
  • Peran media dan desinformasi dalam pemilu harus diwaspadai oleh masyarakat
  • Pengawasan dan keamanan pemilu sangat penting untuk memastikan transparansi dan keadilan
  • Pemilih muda harus ikut berpartisipasi dalam pemilu untuk mencapai demokrasi yang sehat
  • Penyelenggaraan pemilu harus transparan dan adil untuk menjaga integritas proses pemilu

Tanggal Pemilu dan Agenda Penting

Pemilihan umum (Pemilu) 2024 di Indonesia akan diadakan pada tanggal 9 April 2024. Sebelum hari pemungutan suara, ada beberapa agenda penting yang perlu diperhatikan.

Pertama, tahapan pendaftaran calon pada partai politik dijadwalkan berlangsung dari 4 hingga 10 Oktober 2023. Setelah itu, mulai 9 Januari hingga 7 April 2024, kampanye resmi calon presiden dan wakil presiden akan berlangsung.

Tanggal pemungutan suara pada Pemilu 2024 dilakukan pada tanggal 9 April 2024 mulai pukul 07.00 WIB hingga 13.00 WIB. Setelah itu, proses penghitungan suara akan dilakukan hingga tanggal 22 April 2024. Penetapan hasil pemungutan suara akan dilakukan pada tanggal 25 April 2024.

Agenda penting lainnya yang perlu diingat adalah batas waktu untuk pengajuan gugatan hasil pemilu, yaitu 3 hari setelah penetapan hasil. Sementara itu, pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih dijadwalkan pada tanggal 20 Oktober 2024.

Agenda penting Pemilu 2024 di Indonesia

No. Agenda Tanggal
1 Pendaftaran calon partai politik 4-10 Oktober 2023
2 Kampanye resmi calon presiden dan wakil presiden 9 Januari – 7 April 2024
3 Pemungutan suara 9 April 2024 (07.00 – 13.00 WIB)
4 Penghitungan suara 10 – 22 April 2024
5 Penetapan hasil 25 April 2024
6 Batas waktu gugatan hasil pemilu 28 April 2024
7 Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih 20 Oktober 2024

Agenda penting yang telah diatur di atas dapat membantu masyarakat lebih mempersiapkan diri untuk mengikuti proses pemilihan umum dengan baik dan benar. Dengan mengetahui jadwal penting ini, masyarakat diharapkan bisa lebih terlibat dan berpartisipasi aktif dalam menentukan masa depan Indonesia melalui proses pemilihan umum 2024.

Calon Presiden dan Partai Politik

Salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia menjelang tahun 2024 adalah Pemilihan Presiden. Pemilihan Presiden adalah momen penting yang akan mempengaruhi arah dan masa depan Indonesia. Saat ini, ada beberapa calon presiden dan partai politik yang sedang mempersiapkan diri untuk bertarung dalam Pemilihan Presiden.

Calon Presiden Partai Politik
Ganjar Pranowo Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
Prabowo Subianto Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
Anies Baswedan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Ada juga beberapa calon dari partai politik lainnya yang belum diumumkan secara resmi. Namun, beberapa partai politik sudah mulai melakukan koalisi untuk mendukung calon presiden yang mereka pilih.

Calon Presiden

Ganjar Pranowo atau yang biasa dikenal dengan Ganjar  saat ini sedang menjabat sebagai Presiden Indonesia untuk periode kedua. Ia juga merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sejak menjabat sebagai presiden, Ganjar  telah melakukan beberapa reformasi seperti dalam hal pertanian, pendidikan dan kesehatan.

Prabowo Subianto adalah mantan Letnan Jenderal yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Ia juga pernah mencalonkan diri sebagai presiden dalam Pemilihan Presiden 2014 dan 2019.

Anies Baswedan saat ini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada masa pemerintahan Jokowi. Anies Baswedan saat ini merupakan kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

 

Partai Politik

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) adalah partai politik dengan jumlah kursi terbanyak di DPR. Partai ini saat ini dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri, putri pendiri Indonesia Soekarno.

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) merupakan partai politik yang didirikan oleh Prabowo Subianto pada tahun 2008. Partai ini saat ini menjadi partai politik kedua terbesar di DPR.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) adalah partai politik yang didirikan pada tahun 1998 setelah runtuhnya pemerintahan Orde Baru. PKB saat ini dipimpin oleh Muhaimin Iskandar.

Dalam memilih calon presiden dan partai politik, masyarakat harus mempertimbangkan dengan matang dan memilih yang terbaik untuk Indonesia.

Peraturan dan Aturan Pemilu

Peraturan dan aturan pemilu merupakan hal penting yang perlu dipahami oleh pemilih dan calon-calon yang ingin mengikuti pemilu. Aturan ini bertujuan untuk memastikan bahwa pemilu berjalan dengan transparan dan adil, serta menghindari kecurangan dalam pemilihan.

Secara umum, peraturan dan aturan pemilu mencakup beberapa hal penting seperti:

Peraturan dan Aturan Pemilu Keterangan
Prosedur pendaftaran calon Calon harus mendaftar secara resmi dan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh badan penyelenggara pemilu.
Prosedur pemungutan suara Pemilih harus memilih sesuai dengan daftar pemilih tetap dan mematuhi prosedur pemungutan suara yang telah ditetapkan.
Kampanye dan pendanaan Calon harus mengikuti aturan terkait kampanye dan pendanaan kampanye yang telah ditetapkan oleh badan penyelenggara pemilu.
Penghitungan suara Badan penyelenggara pemilu akan menghitung suara dengan teliti dan objektif untuk menentukan pemenang pemilu.

Setiap pemilih dan calon-pun harus mematuhi aturan yang telah ditetapkan untuk menjaga integritas dan kepercayaan dalam proses pemilihan. Adanya peran serta masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan pemilu juga dapat membantu memastikan pemilu berlangsung secara transparan dan adil.

Dalam pemilu pada tahun 2024 akan ada beberapa perubahan dalam aturan dan peraturan pemilu, sehingga pemilih dan calon-calon harus selalu memperhatikan informasi terbaru seputar peraturan dan aturan pemilu.

Partisipasi Masyarakat dan Pendidikan Pemilih

Pemilihan umum 2024 adalah momen penting bagi masyarakat Indonesia untuk memilih pemimpin yang akan memimpin negara selama beberapa tahun ke depan. Oleh karena itu, partisipasi aktif masyarakat dalam proses pemilihan umum sangat penting untuk memastikan terciptanya pemerintahan yang adil dan demokratis.

Untuk dapat berpartisipasi secara efektif dalam pemilihan umum, penting bagi masyarakat untuk memahami secara detail proses pemilihan umum dan hak serta tanggung jawab sebagai pemilih. Salah satu cara untuk memperoleh pengetahuan tentang hal ini adalah melalui pendidikan pemilih.

Pendidikan pemilih merupakan serangkaian aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang proses pemilihan umum dan hak serta kewajiban sebagai pemilih. Aktivitas-aktivitas ini dapat berupa pelatihan, kampanye pendidikan, atau informasi yang disebarkan melalui media sosial atau surat kabar.

Salah satu hal penting yang dipelajari melalui pendidikan pemilih adalah bagaimana cara mendaftar sebagai pemilih dan apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan registrasi. Selain itu, pendidikan pemilih juga menjelaskan tentang proses pemungutan suara, seperti lokasi tempat pemungutan suara dan cara menggunakan surat suara.

Partisipasi aktif masyarakat dalam pemilihan umum juga dapat didorong melalui program-program sosialisasi yang melibatkan lembaga masyarakat, seperti organisasi keagamaan, LSM, dan kelompok masyarakat lainnya. Program-program ini dapat berupa pelatihan, diskusi, atau kampanye sosialisasi tentang pentingnya partisipasi dalam pemilihan umum.

Partisipasi pemilih muda juga merupakan hal yang penting dalam pemilihan umum 2024. Oleh karena itu, berbagai inisiatif telah diluncurkan untuk meningkatkan partisipasi mereka, seperti program-program pendidikan pemilih khusus untuk kalangan muda dan kampanye yang mengajak pemilih muda untuk memilih pemimpin yang berkualitas dan visioner.

Dalam pemilihan umum 2024, partisipasi aktif masyarakat sangat penting untuk menjamin terciptanya pemerintahan yang demokratis dan mewakili aspirasi rakyat. Oleh karena itu, pendidikan pemilih dan program-program sosialisasi harus terus dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya partisipasi dalam pemilihan umum.

Isu dan Agenda Pemilu 2024

Pemilihan umum 2024 akan menjadi momen penting bagi Indonesia dalam menentukan arah ke depan. Banyak isu dan agenda yang akan menjadi sorotan dalam kampanye pemilu, yang dapat memengaruhi pandangan dan keputusan pemilih.

Salah satu isu yang mungkin menjadi perhatian adalah perekonomian Indonesia. Meskipun ekonomi Indonesia telah menunjukkan pertumbuhan yang positif dalam beberapa tahun terakhir, masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah pengangguran, kesenjangan ekonomi, dan stabilitas makroekonomi.

Isu sosial juga menjadi fokus dalam pemilu nanti, termasuk pendidikan, kesehatan, dan kemiskinan. Pendidikan masih menjadi tantangan di Indonesia, terutama di daerah terpencil dan kumuh. Kesehatan dan kemiskinan juga menjadi isu penting, karena masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak memiliki akses yang memadai ke layanan kesehatan dan kehidupan yang layak.

Isu keamanan nasional juga dapat menjadi fokus dalam pemilu nanti, mengingat Indonesia berada dalam posisi strategis di kawasan Asia Tenggara dan memiliki berbagai konflik internal dan eksternal.

Tentu saja, selain isu-isu tersebut, agenda pemilu juga akan diisi dengan program-program dari masing-masing calon presiden dan partai politik. Pemilih perlu mempertimbangkan dengan cermat platform yang ditawarkan dan rekam jejak calon untuk memastikan bahwa keputusan mereka didasarkan pada informasi yang akurat dan seimbang.

Peran Media dan Desinformasi

Media memiliki peran penting selama periode pemilihan untuk memberikan informasi yang akurat dan relevan kepada masyarakat. Namun, dengan semakin populernya media sosial dan platform berita online, desinformasi dan informasi palsu menjadi ancaman besar bagi integritas pemilihan.

Oleh karena itu, peran media dalam memerangi desinformasi adalah krusial. Media harus bertanggung jawab untuk memastikan bahwa informasi yang mereka sampaikan adalah akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini dapat dilakukan melalui verifikasi fakta yang cermat dan pemberitaan yang netral dan objektif.

Selain itu, masyarakat juga harus memainkan peran penting dalam memerangi desinformasi dengan mengembangkan kemampuan kritis mereka dalam mengevaluasi informasi yang mereka terima dari berbagai sumber. Ini dapat dilakukan melalui pendidikan pemilih dan kampanye kesadaran publik.

Desinformasi dapat mempengaruhi hasil pemilu dengan cara yang merugikan demokrasi dan kepentingan masyarakat. Oleh karena itu, peran media dalam memerangi desinformasi sangat penting untuk menjamin keadilan dan integritas selama pemilihan.

Pengawasan Pemilu dan Keamanan

Pengawasan pemilu dan keamanan merupakan hal penting dalam sebuah pemilihan umum. Pemilu yang adil dan bebas dari kecurangan akan menjamin kepercayaan masyarakat terhadap hasil yang diperoleh. Di sisi lain, keamanan pemilu akan menjamin kelancaran pelaksanaan dan mencegah gangguan yang dapat mengancam keamanan peserta pemilu serta masyarakat umum.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memiliki peran penting dalam memastikan pemilu berlangsung secara adil dan transparan. Bawaslu diberi kewenangan untuk mengawasi segala bentuk pelanggaran yang terjadi selama masa kampanye hingga tahap pemungutan suara dan penghitungan suara. Selain itu, Bawaslu juga memiliki tugas untuk menangani sengketa pemilu yang muncul setelah pemilihan umum dilaksanakan.

Pihak yang terlibat dalam pengawasan pemilu: Tugas dan kewajiban:
Bawaslu Mengawasi dan menangani pelanggaran pemilu serta sengketa pemilu
Kepolisian Menjamin keamanan selama masa kampanye, pemungutan suara, dan penghitungan suara
TNI Membantu kepolisian dalam menjaga keamanan

Selain itu, KPU juga memiliki peran penting dalam memastikan kelancaran pemilu. KPU bertanggung jawab untuk menyelenggarakan pemilu secara jujur dan adil, serta mengatur segala proses administratif pemilu, termasuk pemungutan suara dan penghitungan suara. Dalam hal ini, KPU bekerja sama dengan Bawaslu dan pihak keamanan untuk memastikan pemilu berjalan dengan lancar.

Dalam rangka menjaga keamanan pemilu, pemerintah juga melakukan langkah-langkah tertentu. Misalnya, penggunaan teknologi keamanan untuk mencegah penyebaran berita bohong atau hoaks yang dapat memicu kericuhan jelang pemilu. Pemerintah juga melibatkan masyarakat dalam menjaga keamanan pemilu, dengan meminta partisipasi aktif dalam melaporkan segala bentuk kecurangan atau pelanggaran yang terjadi.

“Pengawasan pemilu dan keamanan harus menjadi perhatian serius semua pihak terkait. Hanya dengan memastikan pemilu berlangsung secara adil dan aman, kita bisa menciptakan masa depan yang lebih baik untuk Indonesia.”

Partisipasi Pemilih Muda

Pemilih muda (usia 17-30 tahun) merupakan salah satu segmen pemilih yang penting dalam pemilu. Sayangnya, partisipasi mereka biasanya cenderung rendah. Oleh karena itu, pihak berwenang dan organisasi masyarakat sipil harus bekerja sama untuk meningkatkan partisipasi pemilih muda di tahun 2024.

Salah satu cara meningkatkan partisipasi adalah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hak suara mereka dan dampak yang ditimbulkan dari partisipasi mereka dalam pemilu. Kampanye pemberdayaan pemilih muda harus dilakukan dengan menggunakan media sosial dan platform online lainnya, yang merupakan tempat di mana pemilih muda umumnya aktif.

Pemerintah dan LSM juga harus mengupayakan perubahan kebijakan untuk menarik minat pemilih muda, seperti memperluas akses ke tempat pemungutan suara, memberikan mesin pencoblosan elektronik, dan menyediakan sarana transportasi gratis pada hari pemilihan. Hal-hal ini dapat membantu tumbuhnya partisipasi pemilih muda.

Selain itu, pendidikan pemilih juga harus dilakukan pada tingkat pendidikan menengah dan perguruan tinggi. Dengan memberikan edukasi tentang sistem politik dan proses pemilihan serta memfasilitasi diskusi dan debat politik, pemilih muda dapat lebih memahami dan dapat mengambil keputusan yang berdasarkan fakta.

Terakhir, calon presiden dan partai politik perlu memperhatikan isu-isu yang penting bagi pemilih muda, seperti pendidikan, lingkungan, pekerjaan, dan teknologi. Dengan menawarkan solusi konkret atas masalah-masalah ini, mereka dapat memenangkan hati dan pikiran pemilih muda.

Penyelenggaraan Pemilu yang Transparan dan Adil

Penyelenggaraan pemilu yang transparan dan adil sangat penting untuk memastikan integritas dan kredibilitas hasil pemilihan. Dalam pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) bertanggung jawab untuk mengatur, mengawasi, dan menyelenggarakan pemilu secara profesional dan adil.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyelenggaraan pemilu adalah proses registrasi pemilih yang akurat dan terbuka, pemenuhan hak suara bagi pemilih yang berkebutuhan khusus, penyediaan fasilitas untuk pemilih di luar negeri, serta pengawasan terhadap dana kampanye dan pemberitaan media.

  • Proses Registrasi Pemilih: KPU harus memastikan bahwa proses registrasi pemilih dilakukan secara transparan dan akurat, memungkinkan semua warga yang memenuhi syarat untuk mendaftar sebagai pemilih.
  • Hak Suara Pemilih Berkebutuhan Khusus: KPU harus menyediakan akses yang memadai bagi pemilih yang berkebutuhan khusus, seperti pemilih tunanetra atau tunarungu, untuk memastikan bahwa hak suara mereka terpenuhi.
  • Fasilitas Pemilih di Luar Negeri: KPU harus memastikan bahwa fasilitas pemungutan suara tersedia dan dapat diakses oleh warga Indonesia di luar negeri.
  • Pengawasan Dana Kampanye: KPU harus memastikan bahwa dana kampanye yang digunakan oleh kandidat dibatasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan dikontrol dengan ketat untuk mencegah pelanggaran.
  • Pemberitaan Media: KPU harus mengawasi pemberitaan media selama masa kampanye untuk memastikan bahwa semua kandidat mendapat perlakuan yang sama dan tidak ada disinformasi atau propaganda yang mempengaruhi proses pemilihan.

Dalam menjalankan tugasnya, KPU harus tunduk pada prinsip-prinsip transparansi, keadilan, dan akuntabilitas, serta tetap membuka diri terhadap masukan dan kritik dari publik dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan demikian, penyelenggaraan pemilu yang transparan dan adil dapat terwujud, dan hasil pemilihan akan menjadi cerminan kehendak rakyat Indonesia secara demokratis.

Kesimpulan

Dalam menjelang pemilu 2024, sangat penting bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap mengikuti perkembangan terbaru dan informasi penting terkait dengan proses pemilu. Dengan begitu, dapat membuat keputusan yang tepat dan berkualitas untuk kepentingan negara.

Sehubungan dengan itu, kami telah menyajikan informasi mengenai tanggal pemilu dan agenda penting, calon presiden dan partai politik, peraturan dan aturan pemilu, partisipasi masyarakat dan pendidikan pemilih, isu dan agenda pemilu 2024, peran media dan desinformasi, pengawasan pemilu dan keamanan, partisipasi pemilih muda, dan penyelenggaraan pemilu yang transparan dan adil.

Penegasan Penting

Dalam mengambil keputusan, perlu diingat bahwa informasi yang tepat dan akurat adalah kunci untuk membuat keputusan yang tepat. Dalam menyikapi berita, pastikan untuk melakukan verifikasi sumber dan konten sehingga tidak termakan oleh hoaks.

Terakhir, kami ingin mengingatkan bahwa pemilu 2024 adalah kesempatan bagi kita untuk berkontribusi dalam membangun negara yang lebih baik melalui suara kita sebagai rakyat Indonesia. Jadilah pemilih yang cerdas dan bertanggung jawab, dan mari bersama membangun Indonesia yang lebih maju.

FAQ

Q: Apa pentingnya memperoleh informasi terkini dan penting jelang pemilu 2024?

A: Memperoleh informasi terkini dan penting jelang pemilu 2024 sangat penting karena akan membantu kita membuat keputusan yang terinformasi dalam memilih pemimpin negara. Informasi tersebut dapat memberikan gambaran tentang calon presiden, partai politik, isu-isu pemilu, dan aturan-aturan yang berlaku.

Q: Kapan tanggal pelaksanaan pemilu 2024 dan apakah ada agenda penting sebelumnya?

A: Pemilu 2024 dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal yang akan ditentukan. Sebelum tanggal pemilu tersebut, ada beberapa agenda penting seperti pembukaan pendaftaran calon presiden dan partai politik, pemilihan calon presiden, dan kampanye pemilu.

Q: Siapa saja calon presiden dan partai politik yang akan berpartisipasi dalam pemilu 2024?

A: Calon presiden dan partai politik yang akan berpartisipasi dalam pemilu 2024 belum ditentukan secara resmi. Namun, ada beberapa calon presiden potensial dan partai politik yang sedang mempersiapkan diri untuk pemilu tersebut.

Q: Apa saja peraturan dan aturan yang perlu diketahui dalam pemilu?

A: Beberapa peraturan dan aturan yang perlu diketahui dalam pemilu termasuk persyaratan pemilih, proses pemilihan, regulasi keuangan kampanye, dan perubahan terbaru dalam hukum pemilu.

Q: Mengapa partisipasi masyarakat dan pendidikan pemilih penting dalam pemilu?

A: Partisipasi masyarakat dan pendidikan pemilih penting dalam pemilu karena mereka memainkan peran sentral dalam proses demokrasi. Partisipasi yang aktif dan pemilih yang teredukasi akan membantu menciptakan pemilu yang adil dan hasil yang mewakili kehendak rakyat.

Q: Apa isu-isu dan agenda utama yang akan memengaruhi pemilu 2024?

A: Beberapa isu dan agenda utama yang akan memengaruhi pemilu 2024 meliputi ekonomi, isu sosial, keamanan nasional, dan isu-isu penting lainnya yang dapat mempengaruhi lanskap politik selama periode pemilu.

Q: Apa peran media dalam pemilu dan bagaimana mengatasi desinformasi?

A: Media memainkan peran penting dalam pemilu dengan menyediakan informasi kepada masyarakat. Namun, ada juga risiko desinformasi dan informasi palsu. Penting untuk mengandalkan sumber berita yang terpercaya dan secara kritis mengevaluasi informasi yang diterima.

Q: Bagaimana pengawasan pemilu dan keamanan dipastikan?

A: Pengawasan pemilu dan keamanan dipastikan melalui kerja sama lembaga pemantau pemilu dan upaya dari institusi terkait untuk menjaga proses pemilu yang adil dan aman. Hal ini termasuk pelaksanaan prosedur dan mekanisme pemantauan yang efektif.

Q: Bagaimana partisipasi pemilih muda dapat ditingkatkan dalam pemilu?

A: Partisipasi pemilih muda dapat ditingkatkan melalui program pendidikan pemilih, kampanye yang mengedepankan isu-isu yang relevan bagi generasi muda, dan inisiatif untuk mendorong pendaftaran pemilih muda.

Q: Mengapa penyelenggaraan pemilu yang transparan dan adil penting?

A: Penyelenggaraan pemilu yang transparan dan adil penting untuk menjaga kepercayaan publik terhadap proses pemilu dan memastikan bahwa hasilnya mencerminkan kehendak rakyat. Hal ini

Continue Reading
2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Kenali Lebih Dekat Profil Calon Presiden Indonesia 2024

  2. Pingback: Berita Terkini: Jokowi Jadi Ketua Umum PDi-P, Ini Faktanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *